Monday - Friday, 8AM to 15PM
021-29836240, 085892804599
QUOTE

Menyambut Ramadhan 1442 H, SPC Primary SO Gelar Parenting Pendampingan Puasa

GUNUNGSINDUR_Sesaat lagi bulan Ramadhan 1442 H datang menjelang. Diantara persiapan yang harus dilakukan para ummahat (bunda) selain menu sahur dan berbuka adalah mendampingi putra/putrinya berpuasa. Memahami pentingnya hal ini, Supporting Parents Community (SPC) atau Komite Sekolah Primary SO menggelar Kajian Parenting SPC Unit Primary STONES dengan topik "Gembira Menyambut Ramadhan", Jumat (9/4).

Acara yang berlangsung secara daring ini menghadirkan Ummu Balqis, seorang selebgram dan pakar parenting sebagai narsum. Selain dihadiri orangtua/wali murid SO, SPC juga mengundang masyarakat umum. 

Banyak diantara ananda kita yang baru memulai belajar berpuasa, dan yang sudah belajar berpuasa pun masih menemukan permasalahan parenting dalam mengisi kegiatan ibadah ananda di bulan Ramadhan. Demikian dikemukakan Ketua SPC, ms. Aisyah Nurfajriyah melalui akun facebook SPC Primary SO.
"Jadi acara ini dalam rangka mengupgrade ilmu agar bisa mendampingi ananda lebih maksimal dalam menyambut dan mengisi bulan suci Ramadhan," kata bunda yang akrab dipanggil Bunda Ayyubi ini. 

Sementara dalam sambutan saat membuka acara, Kepala Primary SO, Mr. Ade Sodikin sangat mendukung acara ini acara ini.

"Masa pandemi ini tidak menyurutkan para Bunda untuk selalu mencari ilmu. Semoga webinar ini dapat memberikan wawasan baru untuk mendampingi putra/putrinya berpuasa," ujar Mr. Ade.

Dalam paparan yang diberi judul "Ramadhan Produktif Pada Anak, Menyambut Ramadhan dengan Bahagia", Ummu Balqis menyampaikan materi dengan pendekatan parenting. Dalil-dalil puasa yang dikemukakan nash ditujukan kepada para mukallaf (muslim dewasa yang sudah mendapat kewajiban hukum), dan suatu saat anak-anak akan mencapai masa tersebut. Namun dalam kondisi saat ini, dimana masih dalam masa kanak-kanak, maka pendekatan yang dilakukan dalam berpuasa juga belum memposisikan mereka sebagai mukallaf.

"Karena usia mereka belum mencapai mukallaf maka sifatnya masih belajar. Mereka dilatih untuk melakukan ketaatan tetapi belum terbebani syariat," kata Ummu Balqis saat menjelaskan isi hadits Bukhari no 1960 dan Muslim no 1136.

Hadits tersebut menjelaskan metode para ibu pada era Shahabiyah mendidik anaknya berpuasa, diantaranya dengan membuatkan mainan untuk mengalihkan perhatian mereka saat merasa lapar. Akhirnya merekapun turut berpuasa hingga waktu berbuka.

Ummu Balqis sedang menyampaikan materi (dok) 

Lebih lanjut Ummu Balqis menjelaskan beberapa hal yang perlu dilakukan para bunda saat mendampingi putra/putrinya berpuasa, yaitu sounding tentang puasa, menyentuh sisi empati anak, menyiapkan amunisi, dan apresiasi.

  1. Sounding tentang Puasa 

Sebelum melaksanakan puasa, orangtua hendaknya memberikan informasi awal tentang puasa atau sounding. Hal ini dimaksudkan agar secara mental anak-anak sudah siap. Puasa bukan sekedar menahan lapar dan dahaga, melainkan merupakan bagian dari kasih sayang Allah dan mendidik untuk bersabar. Pada akhirnya dengan berpuasa kita menjadi pribadi yang lebih baik. Ummu Balqis menganalogikan point-point tersebut dengan "puasanya" beberapa hewan. Misalnya puasanya ulat yang kemudian menjadi makhluk yang lebih baik, yakni kupu-kupu. 

2. Menyentuh Sisi Empati Anak

Pada sisi empati ini para bunda dapat memberikan gambaran masih banyaknya anak-anak seusia mereka yang masih kepalaran. 

3. Menyiapkan Amunisi

Ummu Balqis mengemukakan pentingnya "amunisi" berupa persiapan nyata para Bunda. Diantaranya menyiapkan jam biologis anak-anak seperti waktu tidur dan afirmasi positif menjelang tidur. Menyiapkan makanan, minuman, vitamin dan mineral dengan kandungan gizi yang cukup. Selain itu mengisi kekosongan kegiatan dengan kesibukan yang bermanfaat. Pada point ini penting untuk menyusun kesepakatan bersama anak, mengadakan aktifitas yang mengasah ketrampilan, permainan tradisional dan membaca.

Disamping memberikan suasana yang menyenangkan saat anak-anak berpuasa, orangtua juga disarankan memberi apresiasi saat mereka selesai melaksanakan puasa. Hal ini mengandung pelajaran bahwa Allah juga akan memberikan pahala bagi hamba-hambaNya yang selesai melaksanakan kewajiban.

Diantara peserta webinar (dok)

Kesepakatan 

Diketahui bahwa ibadah yang dilakukan di bulan Ramadhan mendapat pahala yang berlipat ganda. Pahala ibadah wajib berlipat pahalanya sementara pahala ibadah sunnah diberikan pahala ibadah wajib. Para Bunda juga harus mendorong anak-anak belajar melaksanakannya. Caranya dengan memasukkan ibadah-ibadah seperti shalat sunnah, tadarus, mengikuti ceramah agama, bersedekah, dan lain-lain pada "kesepakatan".  

Kegiatan-kegiatan lain yang dapat dimasukan dalam kesepakatan diantaranya waktu tidur, waktu bangun, kegiatan harian, penggunaan gadget, waktu tadarus, ibadah Ramadhan, dll. Hal ini penting dilakukan, selain untuk mendidik tanggungjawab juga sebagai role model yang menjadi acuan saat terjadi pelanggaran kesepakatan.

"Namun hal terpenting adalah keteladanan orang-orang terdekatnya, terutama ayah-bunda," demikian pungkas Ummu Balqis. (aar)

 

10/04/2021 08:24 - Oleh Administrator - Dilihat 514 kali

TULISAN LAINNYA

Membuat Makanan Sehat Bersama Chef Cilik Preschool SO
Membuat Makanan Sehat Bersama Chef Cilik Preschool SO

15/10/2021 21:43
studentone_Sejumlah siswa TK (Preschool) SO tampak memasuki ruang memasak (cooking lab) dengan tertib. Alas kaki yang mereka gunakan untuk berjalan dari ke

 Rofiq |   116 kali
Kerjasama dengan Alumni AKABRI 89, SO Salurkan Bantuan Sosial
Kerjasama dengan Alumni AKABRI 89, SO Salurkan Bantuan Sosial

14/10/2021 13:20
studentone_Sebanyak 500 paket bingkisan telah disalurkan SO kepada yang berhak menerima. Kegiatan ini terselenggara berkat kerja sama YGSM dengan Alumni AKABRI 89, R

 Rofiq |   118 kali
SPC SO Gelar Program Kerja (Preschool)
SPC SO Gelar Program Kerja (Preschool)

06/10/2021 23:26
studentone_Mengawali masa kerjanya, SPC Preschool SO periode 2021-2022 menggelar program kerja sekaligur pengenalan pengurus dengan YGSM maupun sekolah, Selasa (05/1

 Administrator |   108 kali
SPC SO Gelar Program Kerja (Primary)
SPC SO Gelar Program Kerja (Primary)

05/10/2021 21:18
studentone_Komite sekolah atau supporting parents commitee (SPC) Preschool dan Primary Student One menggelar program kerja pengurus periode 2021-2022. Acara yang ber

 Administrator |   186 kali
SPC Primary SO Gelar Kajian Bulanan
SPC Primary SO Gelar Kajian Bulanan

04/10/2021 08:20
studentone_Supporting Parents Commitee (SPC) atau komite sekolah Primary Student One menggelar Kajian Bulanan Primary. Kegiatan ini bertempat di Masjid Al Madeena SO

 Administrator |   149 kali
SO Gelar Wisuda Tasmi'
SO Gelar Wisuda Tasmi'

01/10/2021 21:49
studentone_Melanjutkan tasmi tingkat kelas pada minggu yang lalu, SO menggelar tasmi Al Quran tingkat sekolah, Kamis (30/09). Kegiatan ini berlangsung secara luring

 Administrator |   182 kali
Ketika Si Kembar Berpacu dalam Menghafal Al Quran
Ketika Si Kembar Berpacu dalam Menghafal Al Quran

30/09/2021 13:15
studentone_Bagi orangtua yang putra/inya menghafal Al Quran, tasmi' merupakan kegiatan yang ditunggu-tunggu sekaligus mendebarkan. Betapa tidak? Karena pada tasmi' i

 Administrator |   234 kali
Cerita Dibalik Tasmi'
Cerita Dibalik Tasmi'

22/09/2021 23:03
Tasmi' secara bahasa berarti 'memperdengarkan'. Kegiatan ini merupakan salah satu bagian dari serangkaian kegiatan menghafal Al Quran. Sebagai bukti bahwa seseorang

 Administrator |   184 kali
SO Gelar Tasmi'
SO Gelar Tasmi'

18/09/2021 22:21
Siapapun akan merasa takut dan khawatir bila akan menghadapi ujian. Sekalipun bagi mereka yang sudah berumur. Namun bagi anak-anak, sekalipun tidak semua, ada bebera

 Administrator |   175 kali
Semarak HUT RI Ke-76 di Student One
Semarak HUT RI Ke-76 di Student One

21/08/2021 17:35
Gunungsindur_Dalam rangka perayaan Hari Kemerdekaan RI ke-76, Student One Islamic School Primary mengadakan kegiatan dengan tema “Menembus Batas Dengan Semanga

 Administrator |   234 kali